Catatan Harian Khaidir: SM-3T UNIMED - PPG SM-3T UNP
News Update:
Home » » Catatan Harian Khaidir: SM-3T UNIMED

Catatan Harian Khaidir: SM-3T UNIMED

Written By Irfan Dani on Tuesday, May 28, 2013 | 12:30 PM

Batu Alafan, Kecamatan Alafan, Simeulue, Aceh Indonesia


Ini adalah catatan harian saya selama menjadi guru SM3T di Pulau Simeulue, Aceh, Indonesia. Sebagai guru muda yang mungkin belum selayaknya disebut sebagai guru, masih banyak tingkah atau tindakan yang belum selayaknya dijadikan contoh atau tauladan oleh siswa tapi dengan semangat pembaruan dan keinginan untuk terus belajar dan menjadi yang terbaik tidak ada salahnya juga jika saya menyebut diri saya sebagai guru. Baiklah, ini adalah sepenggal kisah/catatan saya selama berada di Pulau yang pertama saya kunjungi :)



11 Desember 2011
Pukul 07.30 WIB: Kami semua berkumpul di lapangan Biro Rektor UNIMED, Pukul 08.00 WIB: Kami rombongan pemberangkatan ke-2 menuju bandara Polonia Medan. Pukul 10.15 WIB: Kami menaiki pesawat Merpati dan diterbangkan menuju bandara Lasikin Pulau Simeulue. Aku ditempatkan di SMPN 2 Salang, dengan perjalanan menggunakan angkutan desa yang dalam 1 hari cuma lewat 2 kali selama 3 jam perjalanan akhirnya aku sampai juga di Kecamatan Salang. Aku ditunggu seorang guru di depan sekolah (Buk Nidar) dan diajak ke mes sekolah (Tepatnya: Perpustakaan yang dijadikan mes), setengah jam berselang bertemu wakil kepala sekolah (Pak Sani) dan diajak kerumahnya, untuk sementara waktu saya tinggal ditempat beliau sebelum tempat tinggal kami nantinya dipersiapkan.
Alhamdulillah sampai sekarang masih merasa nyaman, mudah-mudahan betah menjalani tugas ini... Amin !!!


Gambar1. Pesawat Merpati yang kami tumpangi di Bandara Lasikin P. Simeulue

12 Desember 2011
Pagi ini di SMPN 2 Salang kami mengikuti upacara bendera dengan Pembina upacara Kapolsek Salang. Sebelum upacara bendera saya diperkenalkan kepada siswa, dewan guru, dan pihak sekolah lainnya. Pada saat upacara bendera saya mendengarkan ada nada intonasi berbeda dalam menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne Guru, inilah kekayaan Indonesia.
Pukul 09.00 WIB: Saya diajak Pak Sani masuk kekelas VIIIB untuk mengisi pelajaran Matematika, tapi waktu yang diberikan saya habiskan berkenalan dengan siswa. Karena faktor dialeg/logat bahasa saya agak kesusahan mencerna apa maksud dari pembicaraan mereka, seperti misalnya memanggil Bapak mereka menambahkan kata ouy di belakangnya sehingga menjadi Pak ouy…
Pukul 16.00 WIB: Saya pergi kesekolah untuk membuat ranjang tempat tidur, rencananya kami guru SM-3T laki-laki akan tinggal di LAB Bahasa dan Guru perempuannya tinggal di perpustakaan.

13 Desember 2011
Seperti biasa pagi ini mengajar di kelas, bertemu dengan kawan baru guru SM-3T juga yaitu Pak Fachrul.

14 Desember 2011
Hari masuk di kelas VIIA, saya bercerita dan memberikan pandangan-pandangan kepada siswa tentang pendidikan serta memotivasi mereka supaya hidup rapid an bersih.
Setelah beberapa hari tinggal di sini ada satu hal yang saya rasakan agak berbeda dengan daerah yang pernah saya kunjungi yaitu teh di sini sangat khas menurut saya, the disini selain manis rasa gulanya, harum wangi tehnya, tapi ada juga ditambahkan sedikit kopi sehingga menambah cita rasanya.

19-24 Desember 2011
Mengawas ujian semester-1 di SMPN 2 Salang. Namun ada hal yang berbeda saya temukan disini, soal ujian semester siswa hanya berupa essay 10 soal dan itupun ditulis tangan kemudian ketika ujian dimulai soal tersebut didiktekan kepada siswa. Berbeda dengan sekolah yang pernah saya kunjungi, biasanya untuk soal ujian semester terdiri soal pilihan ganda dan essay.

Gambar2. Suasana Ujian Semester-1 di kelas VIIIA

31 Desember 2011
Dalam rangka menyambut tahun 2012 kepala sekolah dan guru-guru berencana membuat acara kebersamaan yaitu bakar-bakar ayam. Sepulang sekolah kami telah membelanjakan apa – apa yang dibutuhkan untuk acara nanti malam. Ketepatan nanti malam adalah malam minggu membuat kami begitu bersemangat karena nanti malam kami tidak merasa sunyi lagi. He.he...he...
Bisa dikatakan kami termasuk anggotanya SM3T yang sedikit beruntung karena selain disediakan tempat tinggal dengan segala perlengkapannya oleh sekolah, sekarang acara yang kami buat tanpa ada diminta biaya oleh sekolah sedikitpun. Tepat pukul 00.00 pergantian tahun 2011 menuju 2012 kami lalui bersama dengan keluarga besar SMP N 2 salang. Walaupun jauh dari anggota keluarga rasanya saya bahagia memiliki anggota keluarga baru disekolah ini.


Gambar3. Suasana saat membersihkan ayam bersama dewan guru untuk acara malam tahun baru


Gambar4. Suasana malam tahun baru dengan ayam panggang

1 Januari 2012
Hanya membuat semua ini menjadi sendu, tadi malam melewati pergantian tahun dengan dewan guru. Tapi, mungkin dipikiran belum OK tetap saja merasa sunyi. Aku hanya ingin memberikan yang terbaik dari yang aku bisa, terus semangat ditahun ini, terus bersyukur atas nikmat Allah SWT. Semoga apa-apa yang aku perbuat bermanfaat bagi diriku, dan juga bermanfaat bagi orang lain. Aku harus terus tertawa, terus mencoba mengerti arti indahnya dunia. Ditahun ini aku hanya ingin lebih berprinsip, lebih berkarakter dan lebih bersemangat lagi.
#Semangat pagi dunia !!!

2 Januari 2012
Mengikuti acara ultah PGRI kecamatan Salang berpartisipasi dalam lomba gerak jalan dan tenis meja dengan pak Ariful mewakili SMPN 2 Salang, tapi apa boleh dikata takluk 2 set langsung, wkwkwkwkkk…
Sore harinya menyaksikan Ibu Guru bermain voli, ibu guru dari SMPN 2 Salang kalah juga. Sepertinya hari ini para guru dari SMPN 2 Salang hanya menang sebagai supporter terbaik, semua cabang olahraga kalah semua.
Yang penting semangat meski harus kalah J good luck !
Besok giliran anak-anak yang bertanding, semoga menang ya anak-anakku.
Gambar5. Dewan guru SMPN 2 Salang kelelahan setelah mengikuti gerak jalan pada ultah PGRI

3 Januari 2012
Hari ini mendampingi anak-anak lomba LCC, emosi tingkat tinggi karena panitia tidak jelas. Dan nasib memang kurang memihak kepada siswa kami dan akhirnya kalah. Ada 1 hal yang dipetik hari ini yaitu sesuatu tanpa persiapan maka akan diakhiri dengan kegagalan.
Maju terus pendidikan Indonesia !!!


Gambar6. Suasana LCC tingkat SMP

Gambar7. Tim LCC SMPN 2 Salang


6 Januari 2012
Pagi ini final bola voli putri tingkat smp, SMPN 2 Salang dengan SMPN 3 Salang masuk final dan dimenangi tim voli SMPN 2 Salang dengan 2 Set langsung. Sore harinya pertandingan final bola kaki anatara SMPN 2 Salang dengan SMPN 4 Salang dan juga dimenangi tim bola kaki SMPN 2 Salang.

Gambar8. Tim Voli Putri SMPN 2 Salang yang sedang bertanding

7 Januari 2012
Penutupan ulang tahun PGRI Salang diadakan di depan kantor camat Salang selepas shalat Isya. Dengan pembawa acara Bu Moni ( guru SD 1 Salang), acaranya cukup meriah diiringi dengan musik keyboard yang sengaja di undang dan diiringi tarian daerah oleh perwakilan siswa SD,SMP, SMA se Salang.

10 Januari 2012
Membersihkan pekarangan rumah dan menanam bunga mawar dan bunga sejenis kaktus.

11 Januari 2012
Menebang pohon-pohon yang sudah mengganggu keindahan sekolah bersama kepala sekolah dan penjaga sekolah (Pak Damil).

16 Januari 2012
Hari pertama masuk sekolah semester-2, banyak guru dan murid yang menambah masa liburannya.
Target di semester ini: semua siswa masuk kelas tepat waktu, siswa menunggu guru mata pelajaran di dalam kelas, tidak ada siswa yang berkeliaran saat jam pelajaran berlangsung, dan semua siswa berpakaian bersih dan rapi.

19 Januari 2012
Bapak kepala Dinas Pendidikan Simeulue beserta staffnya hari ini mempunyai jadwal berkunjung keseluruh sekolah yang ada di kabupaten. Untuk tingkat SMP di Salang sekolah kami yang pertama dikunjungi tepatnya jam 09.00 pagi. Berdasarkan hasil pemantauan blackboard disekolah kami akan diganti dengan whiteboard. Sungguh kabar yang baik buat saya dan guru-guru lainnya.

20 Januari 2012
Sesuai dengan janji kepala dinas pendidikan kemarin, hari ini 6 unit white board didatang ke sekolah kami. Saat itu saya lagi mengajar di kelas VIIIB, tiba-tiba Pak Sani dan Pak Bukhari datang ke kelas dan memermisikan supaya pelajaran disudahi dulu karena papan tulisnya mau diganti.

24 Januari 2012
Demam pertama di Simeulue, mudah-mudahan tidak berlama-lama demam ini di dalam tubuh tercinta ini.
Semangat !!!

26 Januari 2012
Ditugaskan Pak Kepala Sekolah untuk mengikuti rapat K2PMG ke SMPN 1 Salang bersama Pak Dalmi (Pembina Osis SMPN 2 Salang).

27 Januari 2012
Pukul 10.00 WIB: dari 6 rombel cuma 1 rombel yang ada guru, guru piket tidak peduli jika ada guru kelas yang tidak datang. Miris menyuruh siswa masuk ke kelas satu persatu.
Capek deh…

29 Januari 2012
Pukul 08.00 WIB: bergerak menuju Sinabang menemani Buk Nisa berbelanja, singgah di kos-kosan kawan di Sinabang sesame guru SM-3T dan makan siang bersama. Singgah ke tempat guru SM-3T yang ada di SMAN 2 Sinabang, SMAN 1 Sinabang, SMPN 1 Sinabang, SMPN 1 teupah Barat, dan terakhir SMPN 2 Teupah Barat apalagi yang dilakukan selain silaturahmi adalah menjajah RPP dan berbagi cerita sesama guru SM-3T.

30 Januari 2012
Tadi malam menonton bola di rumah kawan, tiba-tiba paginya sampai di kos kami dengan Pak Fachrul mengalami musibah. Pak Fachrul kehilangan charger HP, sepatu dan sandal, saya sendiri kehilangan tempat sabun beserta isinya. Maling yang aneh… wkwkwkwkkk

3, 4 dan5  Februari 2012
Mengecat bangku taman sekolah dengan Kepala Sekolah.

Gambar9. Mengecat bangku taman sekolah bersama kepala sekolah

6 Februari 2012
Pagi ini kepala KUA yang kantornya di depan sekolah kami tiba-tiba jatuh sakit, pegawai kantornya semuanya perempuan jadi tidak bisa mengangkat beliau. Jadi kami dewan guru laki-laki menolong menelepon puskesmas dan mengangkatnya ke mobil ambulance.

Kemarin kami para guru mendapat undangan dari warga untuk dapat hadir hari ini di pesta pernikahan putri dari kepala sekolah SD Negeri 2 Salang. Hari ini sepulang sekolah kami beserta guru lainnya langsung ke pesta tersebut dengan kado seadanya. Saya dan kawan SM3T lainnya hanya berniat makan siang kesana setelah itu pulang,hehehe.... sampai disana kami memberi selamat untuk pengantin kemudian suami dari Bu Eri (salah satu guru SMP N 2 Salang) menyumbangkan sebuah lagu. Bagus si,,, tapi sedikit lucu saya melihat gaya bernyanyi Bapak tersebut. 


Gambar10. Kepala kantor KUA Salang yang sedang dinaikan kedalam mobil ambulance

 
Gambar11. Pengantin di Pulau Simeulue yang diarak dari rumah mempelai pria ke rumah mempelai wanita



7 Februari 2012
Pukul 10.20 WIB: Rapat dewan guru dengan komite sekolah mengenai penyambutan tamu dari SMPN 3 Simeulue Barat, penyusunan panitia, seksi-seksi, dan susunan acara. Saya terpilih menjadi ketua seksi tempat.
Pukul 15.30 WIB: Untuk kedua kalinya cat bangku taman di cat ulang, kata pak kepala sekolah warnanya tidak nge-jreng. Wkwkwkwkkk
Pukul 16.30 WIB: Bersama buk Nisa dan Buk Linda melatih anak-anak menari, klo saya sih tepatnya hanya sebagai operator music saja.


Gambar12. Tampak Buk Linda yang sedang melatih anak-anak menari


8 Februari 2012
Pukul 18.00 WIB: Umi dan Ulfa jatuh dari kreta di jembatan Nasreuhe, mereka adalah guru SM-3T yang ditempatkan di SMPN 3 Salang. Umi mendapat 4 jahitan di dahi dan luka lecet dibagian bibir bagian atas, dibawah alis mata, di kaki dll. Karena kami tuan rumah terdekat dengan kejadian tadi, maka kami yang menyiapakan makan malam, selimut, dan pakaian ganti.

9 Februari 2012
Pukul 09.30 WIB: Saya, Pak Kepsek, Pak Fachrul, Pak Kar, Pak Ariful, Buk Ina, Buk Nurleli, Buk Nisa, dan Buk Linda pergi mengikuti penutupan K2PMG di Kec. Alafan. Dengan medan yang sangat beratkira-kira 2 jam perjalanan tanpa jalanan aspaldan bergunung-gunung akhirnya kami sampai di Alafan. Sepulangnya singgah di Batu Alafan, luar biasa indahnya view yang disuguhkan. Setelah menikmati pemandangan di Batu Alafan kami berangkat pulang ke Salang, dengan selamat akhirnya kami tiba pada pukul 18.00 WIB.

Gambar13. Rombongan guru yang lagi beristirahat sejenak diperjalan menuju Alafan


Gambar14. Suasana penutupan K2PMG di Alafan

Gambar15. Berfose sesaat di Batu Alafan

10 Februari 2012
Bergotong-royong bersama anak-anak untuk menyambut tamu yang melawat dari SMPN 3 Simeulue Barat. Malamnya bersama Pak Bukhari, pak Fachrul dan anak laki-laki kelas IX berjaga malam di sekolah.


Gambar16. Para siswa yang sedang bergotong royong membersihkan lingkungan sekolah


11 Februari 2012
Pukul 13.00 WIB: Tamu dari SMPN 3 Simeulue Barat tiba di sekolah kami. Pukul 16.00 WIB: Pemain sepak bola dari kedua kesebelasan bertanding dan hasil akhir dimenangkan oleh tim tamu. Pukul 20.30 WIB: Acara dimulai dipentas dengan penampilan penari-penari dari masing-masing sekolah. Bernyanyi bersama dewan guru dan saya hanya membantu berjoget.


Gambar17. Tamu dari SMPN 3 Simeulue Barat tiba dan disambut oleh Kepala Sekolah


Gambar18. Siswi SMPN 2 Salang yang sedang menarikan tari  Ranoup Lampuan
  



12 Februari 2012
Pukul 10.00 WIB: Pertandingan bola voli putrid dan putra. Untuk tim putri dimenangkan SMPN 2 Salang dan untuk putra dimenangkan SMPN 3 Simeulue Barat. Pukul 12.00 WIB: Makan bersama, dan dilanjutkan acara pelepasan tamu dengan memberikan kesan dan pesan dari kedua OSIS. Pukul 14.00 WIB: Membereskan sisa acara bersama anak-anak seperti mencuci piring, mengangkat tilam, mengutip sampah, dll.

Gambar 19. Suasana makan bersama pada acara lawatan dari SMPN 3 Simeulue Barat

13 Februari 2012
Tidak ada proses belajar mengajar, mengontrol siswa menyusun kursi dan meja, mengutip sampah, dan mengembalikan perlengkapan yang dipinjam dari ibu PKK seperti piring dan gelas.

16 Februari 2012
Mulai merasakan jenuhnya di perantauan, sore ini pergi memancing ikan bersama Pak Fachrul dan Pak Rizal. Pak Fachrul mendapat 3 ekor ikan, Pak Rizal 2 ekor ikan, sedangkan saya tidak satu ekorpun.

20 Februari 2012
Pukul 14.30 WIB: Hari ini anak kelas IX mulai les sore untuk persiapan menghadapi UN, dan saya mendapat giliran mengajar pada sore ini.

23 Februari 2012
Pergi melayat bersama dewan guru ke rumah kepala sekolah SMPN 3 Salang, yang mana orang tua beliau telah berpulang ke rahmatullah.


Gambar20. Suasana di rumah duka di Desa Bunga yang sudah di datangai para pelayat


24 Februari 2012
Pagi ini anak-anak bergotong-royong, yaitu mengambil pasir dari pinggir pantai untuk menimbun sekolah kami yang sering becek karena hujan.
Pukul 14.30 WIB: Karena hari ini Pak Sani tidak datang pada les sore , maka saya menggantikan beliau sore ini.

Gambar21. Mendampingi anak-anak mengambil pasir di pinggir pantai

25 Februari 2012
Ada acara maulid Nabi Muhammad SAW di sekolah kami, inti dari ceramah ustad pada hari ini adalah dengan memperingati kelahiran nabi maka kita tingkatkan keimanan kita dengan mempedomani warisan beliau yaitu Al-Quran dan Sunnah.

Gambar22. Ustadz penceramah ketika akan memasuki ruangan acara maulid Nabi Muhammad SAW

26 Februari 2012
Hari ini tinggal sendiri, semua kawan-kawan turun ke Sinabang. Pasti hari ini adalah hari yang sangat panjang, hari cuma dihabiskan besilahturahmi bersama teman lama melalui pesawat telepon.

27 Februari 2012
Pukul 14.30 WIB: Jadi piket les sore tugas saya adalah memukul lonceng, member minum guru yang mengajar, dan memberikan uang saku. Piket yang panjang ditemani uapan yang panjang dan suara rintik hujan yang tak kunjung reda.

28 Februari 2012
Hari ini les sore matematika untuk anak-anak yang mau dan yang bersemangat, materi yang diberikan adalah materi matematika yang sangat dasar seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian bilangan bulat, operasi pada pecahan, dll. Les sore dimulai pukul 15.00 WIB yang akan dilaksanakan setiap selasa dan kamis sore. Alhamdulillah ada sebanyak 22 anak yang hadir pada sore ini.

29 Februari 2012
Pukul 14.30 WIB: Les sore untuk anak kelas IX, capek kali sore ini karena untuk menjelaskan 1 butir soal saja harus diulangi sampai 3 kali. Kasihan anak-anak karena selama ini mereka sudah jauh ketinggalan pelajaran khususnya pelajaran matematika.

1 Maret 2012
Mengajar les sore untuk anak-anak yang penuh semangat, ada sebanyak 26 orang yang hadir. Ayo terus semangat murid-muridku J

3 Maret 2012
Hari ini resmi penjaga sekolah kami tidak ada lagi, maka tugas saya bertambah yaitu menghidupkan lampu dan mematikan lampu di kantor, menutup gerbang sekolah ketika pulang sekolah karena jika tidak ditutup gerbangnya kerbau-kerbau warga banyak yang masuk ke sekolah. Pukul 08.30 WIB: Mengawasi anak-anak mengangkut pasir dari pantai kesekolah, ini sudah menjadi agenda bulanan , maklumlah ketika hujan turun sekolah kami akan digenangi air. Apa boleh dikata, ayo angkat pasirnya yang banyak anak-anakku. Wkwkwkwkkk

Gambar23. Suasana mengusir kerbau di sore hari dari dalam sekolah bersama seorang anak

4 Maret 2012
Hari ini kami turun ke Sinabang untuk berbelanja keperluan. Nongkrong di warung kopi dan terakhir pergi ke daerah busung. Di busung kami menkmati sore dengan sepiring mie aceh daging dan air kelapa muda dengan sirup.

5 Maret 2012
Pukul 14.30 WIB: Piket les sore kelas IX, mengamankan anak-anak yang berkeliaran ketika les sore, ya lebih kurang seperti satpam sekolah lah kerjaan saya hari ini.

6 Maret 2012
Pukul 15.00 WIB: Mengajar les sore di kelas yang penuh bersemangat, materi hari ini adalah materi perkalian bilangan bulat. Alhamdulillah mereka sangat antusias, karena Buk Nisa juga hari ini mengajar Bahasa Inggris jadi kelas dipisah menjadi 2 kelas, jadi hari ini ada 13 orang anak yang masuk di kelas saya.

7 Maret 2012
Pukul 15.30 WIB: Bangun sore karena kecapekan ngajar pagi, tiba-tiba teringat uang les untuk guru ngajar masih sama saya. Dengan tergopoh-gopoh dan sempoyongan saya berlari kekantor, rupaya guru piket hari ini (Buk Nurleli) tidak hadir mungkin karena hujan jadi piket hari ini saya yang menggantikan.

8 Maret 2012
Hari ini mengajar les sore matematika di kelas yang penuh semangat, materi hari ini adalah perkalian dan trik-trik perkalian bilangan bulat.

9 Maret 2012
Pukul 14.30 WIB: Setelah selesai sholat jum’at, rombongan dari Unimed datang di kecamatan Salang. SMPN 2 Salang sebagai tuan rumah, semua guru SM-3T berkumpul untuk bertemu dan berkonsolidasi dengan panitia dari Unimed. Pada hari ini 2 Notebook diserahkan di kecamatan Salang. Ada beberapa pemberitahuan pada kedatangan Pak Lis dan Pak Sanusi pada hari ini, yaitu:
·         Terus semangat untuk mengajar
·         Laporan sudah bisa mulai dicicil
·         Laksanakan kegiatan kemasyarakatan
·         Sukseskan UN TP 2011/2012
·         Minta SK mengajar dari kepala sekolah

Gambar24. Nisa, Tiara, Pak Lis, Saya, Pak Armin, Fachrul dan Pak Sanusi ketika melihat bestcamp guru SM-3T di SMPN 2 Salang

12 Maret 2012
Pukul 14.30 WIB: Mengajar les untuk kelas IX, memberikan motivasi dan trik agar lulus UN kepada mereka.

13 Maret 2012
Memasang bling (pecahan kaca) di atas kamar mandi, karena kamar mandi guru sering dipanjat siswa dan siswa merokok di dalam kamar mandi.

14 Maret 2012
Pukul 14.30 WIB: Mengajar les untuk kelas IX, hari ini adalah pertemuan terakhir untuk belajar matematika. Terjadi kejenuhan pada siswa, sehingga intensitas belajar sore ini dikurangi dan diselingi dengan motivasi agar siswa menjadi lebih bersemangat lagi.

15 Maret 2012
Pukul 15.00 WIB: Mengajar di kelas siswa yang penuh semangat, karena pada hari selasa saya tidak masuk jadi hari ini kedua kelas digabung , hari ini ada sebanyak 15 orang siswa yang hadir untuk mengikuti les sore.

17 Maret 2012
Pagi ini gotong royong di sekolah, seperti biasa anak-anakn mengangkat pasir dari pantai ke sekolah. Tapi berhubung hujan jadi kegiatan gotong royongnya baru dimulai jam 09.15 WIB.

Gambar25. Anak-anak sedang memasukan pasir kedalam goni untuk diangkat kesekolah

18 Maret 2012
Pukul 10.00 WIB: Fachrul, Nisa, Tiara, Linda, Isur, Ahsan , dan Saya berangkat kepulau Linggam dengan menggunakan perahu motor orangtuanya si Ahsan. Misi kali ini adalah melihat kehidupan di pulau kecil, selain itu mengelilingi pulau dengan berjalan kaki serta rekreasi adalah tujuan utama dari pertualangan hari ini.

Gambar26. Nisa, Saya, dan Linda di atas perahu bermotor dengan latar belakang pantai Pulau Linggam

19 Maret 2012
Pukul 17.00 WIB: Membakar rumput di lahan belakang sekolah yang rencananya nanti akan ditanami dengan kacang panjang, sawi, bayam, dan ubi kayu.


Gambar27. Membakar lahan di belakang sekolah yang nantinya akan ditanami sayur-sayuran


21 Maret 2012
Belajar hari ini tidak seperti biasanya, sepertinya ada kejenuhan dari diri saya dan anak-anak sepertinya tidak ada keinginan untuk belajar maka hari ini pelajaran hari saya ganti dengan motivasi. Semoga motivasi yang saya berikan bermanfaat untuk anak-anak.

25 Maret 2012
Pukul 10.00 WIB: Bersama pak kepala sekolah, dan guru SM-3T lainnya menghadiri acara peresmian SMK 1 Salang menjadi SMKN 1 Salang yang diresmikan pak Darmili (Bupati Simeulue).

Gambar28. Bupati Simeulue yang sedang berpidato pada acara peresmian SMKN 1 Salang

26 Maret 2012
Hari pertama UAS untuk anak kelas IX, banyak terjadi kesalahan seperti pengisian data diri siswa dan cara melingkari jawaban. Hari ini mengawas di ruang III bersama dengan Buk Asrinawati, S.Pd.

Gambar29. Suasana ujian UAS di SMPN 2 Salang

5 April 2012
Melayani 3 orang anak yang konsultasi mengenai rencana melanjutkan SMA ke Medan sekaligus mengajari mereka trik-trik cara cepat menyelesaikan soal matematika.

9 April 2012
Hari ini pilkada Aceh, tetapi saya tidak ikut memilih karena undangan memilih saya di Kutacane. Karena tidak ada kegiatan belajar mengajar maka pagi ini kami berkebun, hari ini kami memindahkan bibit sawi yang sudah disemai ke lahan yang sudah dibersihkan.


Gambar30. Mengambil bibit sawi bersama Buk Tiara di tempat penyemaian

Gambar31. Menanam sawi dan tampak Buk Tiara member kayu pancang untuk kacang panjang

10 April 2012
Memetik kacang panjang dan memberikannya kepada warga di sekitar sekolah. Heheheee J hitung-hitung amal.

Gambar32. Berfose di tengah kebun mini

11 April 2012
Pagi ini tidak seperti biasanya, air di kamar mandi terasa asin. Sekitar pukul 10.00 WIB terdengar suara gemuruh di langit dan terjadi keheningan sesaat, seperti pertanda gejala alam. Sekitar pukul 15.30 WIB terjadi gempa dengan kekuatan 8,5 SR ini seperti membuka memori 8 tahun silam saat terjadi tsunami. Karena melihat warga berhamburan ke tempat yang lebih tinggi kamipun ikut berlarian. Setelah gempa lebih kurang selama 15 menit kami pun pergi ke bukit yang ada di samping Koramil Kecamatan Salang. Setelah 1 jam kemudian warga yang memantau pantai mengabarkan air laut surut sejauh 60 meter sontak saja tanpa instruksi semua warga menaiki bukit. Setelah 10 menit di atas bukit terjadi lagi gempa susulan selama 5 menit, ini juga membuat kami panik karena takut bukit akan longsor. Pukul 18.00 WIB kami turun dari bukit, dan sekitar pukul 19.20 WIB kami baru pulang dari rumah masing-masing. Malam ini masih terasa gempa susulan dengan intensitas kecil, gempa kecil seperti ini sudah sering kami alami di pulau simeulue ini ya bisa dibilang seminggu 3 kali selalu ada gempa.


Gambar33. Bersama warga ketika turun dari bukit

 Gambar 34. Bersama warga di tempat pengungsian


12 April 2012
Kegiatan belajar mengajar pagi ini begitu lengah, hanya ada sekitar 10 siswa yang hadir selebihnya meliburkan diri tidak jauh berbeda dengan guru-guru banyak juga yang tidak hadir.

13 April 2012
Pagi ini bebrapa siswa masih mengalami trauma sehingga tidak mau masuk ke kelas. Sore ini sekitar pukul 15.00 WIB bersama siswa mempersiapkan segala persiapan untuk acara perpisahan esok hari.

14 April 2012
Berdasarkan undangan dari OSIS bahwa pagi ini akan ada acara perpisahan dengan kelas IX, acara perpisahan ini dihadiri dewan guru, komite sekolah, orang tua/wali kelas IX beserta seluruh siswa. Semoga acara perpisahan ini adalah awal dari keberhasilan anak-anak kami, amin…!

Gambar35. Anak kelas IXA beserta dewan guru berfose di tepi pantai
16 April 2012
Hari ini adalah hari pertama UN untuk tingkat SMA sederajat, karena ada beberapa guru yang mengawas hari ini maka banyak kelas yang kosong dan proses belajar mengajar kurang efektif.

20 April 2012
Menyusun bangku, dan menempelkan nomor ujian bersama anak-anak kelas IX, untuk persiapan acara UN pada tanggal 23 April nanti.

21 April 2012
Kegiatan gotong royong, seperti biasa mengawasi anak-anak mengambil pasir di pantai.

23 April 2012
Menjadi anggota panitia UN tingkat SMP di SMPN 2 Salang. Hari ini adalah hari pertama UN tingkat SMP sederajat dan akan berlangsung selama empat hari sampai tanggal 26 April 2012, adapun jadwal kegiatan UN tahun ini:
·         Senin, 23 April 2012: Bahasa Indonesia
·         Selasa, 24 April 2012: Bahasa Inggris
·         Rabu, 25 April 2012: Matematika
·         Kamis, 26 April 2012: IPA

Gambar36. Tampak anak-anak sedang serius mengerjakan soal UN di SMPN 2 Salang

Dokumentasi Lainnya:




























  


















































































































































































































































































































Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

New Creation Live Radio
by. Infokom PPG SM-3T UNP
Radio Streaming PPG SM-3T UNP
 
Redaksi : Tentang Kami | Iklan | Ketentuan | Address: Kampus II UNP, Lubuk Buaya, Padang | 25173 | Sumatera Barat | Phone: 085263220740 | Email: mail@sm3t-unp.org