Latar Belakang - PPG SM-3T UNP
News Update:
Home » » Latar Belakang

Latar Belakang

Written By Irfan Dani on Wednesday, March 7, 2012 | 10:04 AM

Negara kesatuan Republik Indonsia dengan wilayah yang luas dan secara geografis maupun sosiokultural sangat heterogen, pada beberapa wilayah penyelenggaraan pendidikan masih terdapat berbagai permasalahan, terutama pada daerah yang tergolong terdepan terluar, dan tertinggal (Daerah 3T)
Beberapa permasalahan penyelenggaraan pendidikan, utamanya didaerah 3T antara lain adalah permasalahan pendidik, seperti kekurangan jumlah (Shortage), distribusi tak seimbang (Unbalance Distribustion), kualifikasi di bawah standar (under qualification), kurang kompeten (low competencies), serta ketidaksesuaian anatar kualifikasi pendidikan dengan bidang yang dikuasai (mismatched). Permasalahan lain dalam penyelenggaraan pendidikan adalah angka putus sekolah juga masih relatif tinggi, sementara angka partisipasi sekolah masih rendah.
Sebagai bagian dari negara kesatuan republik indonesia peningkatan mutu pendidikan di daerah 3T perlu dikelola secara khusus dan sungguh-sungguh, utamanya dalam mengatasi permasalahan-permasalahan tersebut, agar daerah 3T dapat segera maju bersama sejajar dengan daerah lain. Hal ini jadi perhatian khusus kementrian pendidikan nasional, mengingat daerah 3T memiliki peran strategis dalam memperkokoh ketahanan nasional dan keutuhan negara kesatuan republik indonesia.
Kebijakan kementrian pendidikan nasional dalam rangka percepatan pembangunan pendidikan di daerah 3T, adalah program maju bersama mencerdaskan indonesia. Program ini meliputi (1) program pendidikan profesi guru terintegrasi dengan kewenangan tambahan (PPGT), (2) Program sarjana mendidik didaerah 3T (SM3T), (3) Program kuliah kerja nyata didaerah 3T dan PPGT (KKN-3T PPGT), (4) Program pendidikan profesi guru terintegrasi kolaboratif (PPGT Kolaboratif), (5) Program S-1 Kependidikan dengan kewenangan tambahan (S1-KKT). Program-program tersebut merupakan jawaban untuk mengatasi berbagai permasalahan pendidikan didaerah 3T.
Prgram SM-3T sebagai salah satu program maju bersama mencerdaskan indonesia ditujukan kepada para sarjana yang belum bertugas sebagai guru, untuk ditugaskan selama satu tahun pada daerah 3T. Program SM-3T dimaksudkan untuk membantu mengatasi kekurangan guru, sekaligus mempersiapkan calon guru profeional yang tangguh, mandiri, dan memiliki sikap peduli terhadap sesama, serta memiliki jiwa untuk mencerdaskan anak bangsa, agar dapat maju bersama mencapai cita-cita luhur yang seperti diamanahkan oleh para pendiri bangsa indonesia.
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

New Creation Live Radio
by. Infokom PPG SM-3T UNP
Radio Streaming PPG SM-3T UNP
 
Redaksi : Tentang Kami | Iklan | Ketentuan | Address: Kampus II UNP, Lubuk Buaya, Padang | 25173 | Sumatera Barat | Phone: 085263220740 | Email: mail@sm3t-unp.org